Macam Macam Batik Indonesia

macam macam batik di Indonesiamacam macam batik di Indonesiamacam macam batik yang ada di Indonesiamacam macam batikmacam macam motif batikbatik Indonesiamacam macam batik dan penjelasannyanama batik indonesiabatik indonesia
Tanggal:21 September 2012
Kode Produk:
Harga:Rp. 0,-
Ukuran Yang Tersedia:
Bahan:

Keterangan Macam Macam Batik Indonesia

Berbicara mengenai macam macam batik di Indonesia ada beberapa cara pengelompokannya. Yang bertama adalah berdasarkan motif batiknya, berdasarkan cara pembuatannya serta berdasarkan daerah asalnya. Supaya kita bisa mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang berbagai macam batik yang ada di Indonesia maka sebaiknya kita bahas secara detail masing masing pengelompokannya.

Macam Batik Berdasarkan Cara Pembuatannya

Berdasarkan teknik yang digunakan untuk pembuatannya, batik dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa macam batik dan penjelasannya

1. Batik Tulis
Sesuai dengan namanya, teknik perintang warna yang digunakan saat proses pembuatan batik tulis ini adalah dengan cara dibubuhkan di atas kain batik (seperti orang menulis) menggunakan alat yang bernama canting. Proses pembuatan batik jenis ini memerlukan waktu berbulan bulan sehingga harganya relatif mahal.

2. Batik Cap
Pembuatan batik jenis ini menggunakan alat berbentuk lempengan yang dibuat dari tembaga dan dilengkapi dengan motif tertentu yang disebut dengn Cap. Cap berfungsi untuk membubuhkan malam ke atas kain batik, kurang lebih seperti prinsip stempel.

3. Batik Lukis
Batik lukis atau batik painting adalah teknik pembuatan batik dengan cara melukis langsung diatas kain putih. Alat dan bahan untuk pembuatan batik lukis ini sama dengan batik pada umunya yaitu canting dan malam. Hanya pada batik lukis juga menggunakan kuas. Batik painting ini termasuk kreasi baru dan tidak lagi menggunakan motif tradisional, tetapi motif motif batik kontemporer yang lebih sederhana.

Nah itu adalah macam macam batik berdasarkan teknik pembuatannya. Sekarang kita akan membahas mengenai batik berdasarkan corak atau motif batik tradisional.

Macam Macam Batik Berdasar Motif atau Corak

1. Batik Kraton

macam macam batik di Indonesia

Gambar Batik Kraton


Penjelasannya: Batik ini adalah awal dari berbagai macam batik yang berkembang di Indonesia. Pada motifnya terkandung makna serta filosofi hidup. Batik Kraton ini dikerjakan oleh putrid putrid keraton maupun oleh pembatik ahli yang ada di dalam lingkungan keraton. Dulunya motif ini terlarang untuk dipakai oleh orang kebanyakan seperti halnya motif batik Parang Rusak, Parang Barong, Udan Liris serta beberapa jenis motif yang lain

2. Batik Sudagaran
macam macam batik di Indonesia
Penjelasan: Batik Sudagaran ini berasal dari motif larangan dari keraton yang dibuat motif baru oleh para seniman yang berasal dari kaum saudagar agar sesuai dengan selera mereka. Para seniman ini juga mengubah motif larangan (terlarang) sehingga bisa dipakai oleh masyarakat kebanyakan. Motif batik ini dikenali dengan design yang terkesan berani dalam hal pemilihan bentuk, penggunaan benda benda alam dan binatang, serta pemakaian kombinasi warna yang didominasi warna soga atau biru tua.

Batik Sudagaran ini memberikan kwalitas dalam proses pengerjaannya dan kerumitan dalam menghasilkan ragam hias yang baru. Pembuat batik Sudagaran ini merubah batik kraton dengan penambahan isen isen yang lebih rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik/titik) sehingga terwujud sebuah motif batik yang sangat indah.

3. Batik Cuwiri

macam macam batik yang ada di Indonesia

Gambar Batik Cuwiri


Penjelasan: Adalah motif batik yang memakai pewarna soga alam. Umumnya batik Cuwiri ini dipakai untuk semekan atau kemben dan biasanya dipakai pada upacara adat mitoni. Motif ini umumnya ditandai dengan penggunaan ragam hias meru dan gurda. Arti dari cuwiri sendiri adalah kecil kecil.

4. Batik Tambal

macam macam batik

Gambar Batik Tambal


Penjelasan : Motif batik ini mempunyai arti menambal atau memperbaiki sesuatu yang rusak. Dulu, kain batik tambal dipercayai bisa membantu menyembuhkan orang sakit dengan cara menyelimuti orang tersebut dengan kain batik tambal.

5. Batik Sekar Jagad

macam macam motif batik

Gambar Motif Batik Sekar Jagad


Penjelasannya: Motif ini merupakan salah satu motif khas batik Indonesia. Makna motif ini adalah kecantikan atau keindahan yang akan membuat orang yang melihatnya menjadi terpesona. Ada juga yang berpendapat bahwa kata Sekar Jagad berasal dari kata dalam bahasa Jawa “kar jagad” (kar: peta, jagad: dunia) yang berarti motif ini menggambarkan keragaman di seluruh dunia.

6. Batik Kawung

batik Indonesia

Gambar Motif Batik Kawung Picis


Penjelasan: Motif batik Kawung mempunyai pola berupa bulatan seperti buah Kawung, yaitu sejenis kelapa atau kolang kaling yang disusun rapid dan geometris.

Motif ini juga kadang diwujudkan sebagai gambar bunga teratai (lotus) dengan 4 lembar daun bunga yang merekah. Teratai sendiri adalah bunga yang melambangkan panjang umur dan kesucian. Umumnya pemberian nama nama motif batik Kawung didasarkan atas besar kecilnya bentuk bulatan yang terdapat dalam motif. Sebaga contoh, Kawung Picis adalah batik kawung yang motifnya tersusun atas bulatan bulatan yang kecil (picis adalah nama mata uang sepuluh sen yang ukurannya kecil). Kemudian Kawung Bribil adalah batik kawung yang motifnya tersusun atas bulatan bulatan yang ukurannya lebih besar dari kawung picis (bribil adalah nama mata uang yang ukurannya juga lebih besar bila dibandingkan dengan picis). Sedang Kawung Sen mempunyai bentuk bulat dan lonjong yang lebih besar disbanding Kawung Bribil.

7. Batik Sido Mukti

macam macam batik dan penjelasannya

Gambar Motif Batik Sido Mukti


Penjelasannya: Motif batik Solo ini biasanya dipakai sebagai kain dalam upacara adat perkawinan pada acara resepsi atau pahargyan dan biasanya dibuat menggunakan pewarna soga alam. Pola dasar yang terdapat di motif batik Sido Mukti ini adalah gurda. Makna atau filosofi dari motif batik ini adalah harapan untuk mendapatkan kebahagiaan lahir batin.

8. Batik Sido Luhur

nama batik indonesia

Gambar batik motif Sido Luhur


Penjelasan : Merupakan batik Kraton Surakarta (Solo). Motif batik Sido Luhur biasanya dikenakan oleh pengantin perempuan di malam pegantin. Motif ini mengandung makna keluhuran yang berarti suatu harapan agar bisa mencapai kedudukan yang tinggi serta bisa menjadi panutan masyarakat.

9. Batik Sido Asih

batik indonesia

Gambar Motif Batik Sido Asih


Penjelasannya : Merupakan batik Kraton Surakarta (Solo) yang biasanya dipakai oleh pengatin perempuan. Motif batik Sido Asih ini mempunyai makna agar dalam hidup berumah tangga selalu dipenuhi dengan kasih saying. Dalam arti yang lebih luas, batik Sido asih diartikan agar manusia mengembangkan rasa saling mengasihi dan menyayangi antar sesama.

Demikian macam macam batik yang ada di Indonesia berdasarkan motifnya. Sebenarnya masih banyak motif lainnya yang akan kami teruskan di artikel berikutnya agar pembaca tidak bosan. Selain itu ada juga jenis batik berdasarkan daerah asalnya seperti batik Solo, batik Pekalongan dan lainnya. Harapan kami agar kita bisa mengenal berbagai macam batik yang ada di Indonesia.

Pesan Sekarang?
Untuk pembelian kirim SMS dengan format:
kode produk,nama,alamat lengkap,ukuran
contoh: ,santi salim,JL. Dahlia No.465 Karanganyar Jateng 57773,XL
Kirim ke 0813 293 68148

Atau chat dengan CS kami:

Oleh: di Google+

Komentar Anda

Produk Blus Batik Lainnya:

Kemeja Batik MP181

Kemeja Batik MP181
Rp. 85.000,-

Blus Batik BM93

Blus Batik BM93
Rp. 100.000,-

Blus Batik BM90

Blus Batik BM90
Rp. 105.000,-

Blus Batik Cap BM89

Blus Batik Cap BM89
Rp. 110.000,-

Blus Batik Cap BM88

Blus Batik Cap BM88
Rp. 110.000,-

Blus Batik Cap BM87

Blus Batik Cap BM87
Rp. 110.000,-